Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Nyari Kostan


Entah mengapa, gue kali ini punya kemauan buat nulis. Iya, jarang-jarang gue mau ngeluarin isi kepala gue, liat nih bentuk otak gue trapesium (Alahmdulillah akhirnya celana dalem yang udah 2 bulan ini ilang ketemu, ternyata keselip di dalem !). Ini emang sebuah mukjizat gue mau nulis, semuanya berkat support @shitlicious . Berkat tulisan dia, gue akhirnya punya keinginan yang kuat buat jadi penulis. Iya.. penulis !

Impossible ?

Nothin’ is impossible, because I’m possible... Gue yakin gue bisa nulis. Berhubung tulisan gue jelek, gue lebih memilih blog buat jadi media nulis gue. Nggak bakal ada lagi yang ngatain tulisan gue “Ini tulisan apa cacing joged ?”. Gue masih inget kalimat itu. Ya, guru bahasa Indonesia gue pas SD sering banget bilang gitu. Sumpah ini bikin nyesek. Pake banget.

So, umm... Here i am !! gue bangga bisa nulis di sini. Ini berasa tingkat kekerenan gue boost jadi 89,936134182611...%. Kenapa nanggung gitu ? Yup, karena gue pun masih belum yakin kalo KPK baca tulisan ini nantinya, gue bakal dilaporin ke kak seto. Entah hubungannya apa, gue juga nggak tau.
Oke, kali ini gue pingin “Berbagi Kasih” dengan kalian yang lagi tersesat di blog gue ini. Khususnya elo-elo yang punya masalah dengan perkosaaan (baca : masalah cari kost). Untuk masalah perkosan gue bisa dibilang bukan ahlinya. Selama 3 semester ini gue udah pindah kost sebanyak 5 kali. Itu merupakan jumlah yang tidak sedikit untuk ukuran badan gue #lho.

Ketahuilah, cari kostan itu sama halnya dengan cari pacar. Kita kudu tau bibit bebet bobot calon tempat kost kita. Mungkin kebanyakan dari kalian tidak bertanya kenapa sampe segitu seringnya gue pindah kost. Ada banyak faktor sebenernya, dan faktor itu terdiri dari faktor luar dan dalam. Faktor luar adalah faktor yang berasal dari luar. Dan faktor dalam adalah faktor yang berasal dari dalam. Iya gitu aja, udah gak usah protes !

Ada banyak hal yang perlu kalian pertimbangkan dalam memilih rumah kost. Jangan sampe kalian salah pilih kostan ! itu sama nyeseknya kayak kalian pacaran sama om-om yang udah punya istri 3. Trust me ! kalo udah kayak gitu pasti kalian bakal pindah ke lain hati yang 100,79 % lebih baik dari si Om. Begitu juga kost-kostan, kalo elo udah ga betah sama kostan yang elo tempatin, udah pasti elo pingin pindah ke kostan yang lain yang pastinya lebih baik dan nggak kaya kostan lo yang sekarang.

Berdasarkan pengalaman gue, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam mencari kost-kostan. Gue tau itu, karena gue udah pernah ngalamin ini boss.. So, here is it >>>

1.    Awas ! ada Ibu kost GALAK !
Yep, gue pernah ketipu dengan kehalusan dan kebaikan sang ibu kost saat awal kita datang ke tempat kost tersebut. Dia menjelaskan panjang x lebar tentang kostannya kepada kita, layaknya sales kompor gas yang haus akan konsumen yang mau dibegoin. Ini terjadi pada saat gue masih polos-polosnya, karena baru sekali itu gue nyari kostan. Setelah paling tidak sebulan kita tinggal di rumah itu (kebetulan seatap sama yang punya kost) keluarlah sifat asli dari sang ibu kost. Gue gak mau ngomong ke kalian kalo ibu kost gue yang itu ternyata orangnya cerewet, emosian, suka ngomong dibelakang, apalagi mata duitan. Enggak, gue nggak mau bilang itu semua ke kalian. Gue masih punya perasaan kok.
Jadiiiii, untuk itu saya himbau kepada kalian yang lagi cari kost-kostan biar nggak kaget dikemudian hari, sebaiknya kalian bisa tau dulu gimana sifat pemilik kost tersebut. Kalian bisa cari tau dari anak-anak yang ngekost disitu, interogasi aja mereka, kalo enggak kalian mata-matain lewat lobang wc biar tau gimana aslinya tu pemilik kost. Ketahuilah, sifat asli seseorang akan lebih terlihat ketika mereka sedang ngebom di wc (gue gak bisa ngejelasin, takut dicekal bang Roma).
Atau lebih gampangnya lagi, cari kostan yang rumah ibu kostnya nggak bareng sama kost-kostan. Tapi pastinya masih tetap harus ada aturan, biar.... ummm.... elo taulah aturan itu buat apa..

2.    Kontrak Rumah
Buat kalian yang punya banyak temen dan pingin nyari kostan bareng, kalian bisa cari rumah yang dikontrakan. Karena biasanya justru budgetnya lebih sedikit, buat rumah standar 1,5-5 jutaan/tahun, kalo ukuran perumahan biasanya 7-9 juta/tahun. Sorry, ini berlaku di sekitaran Jawa Tengah, di luar itu mungkin bisa lebih mahal.

Tapi emang kalo ngontrak, biasanya listrik+air masih suruh bayar sndiri. Gak masalah, kalo diitung-itung pasti lebih murah. Tapi juga itu tergantung sama berapa banyak temen yang elo ajak.

Misal elo sama temen elo jumlah 6 anak, ngontrak di rumah 3 jutaan, coba deh itung.. tiga juta dibagi enem, berapa nohh... itung aja.... Nahh, iya segitu ! elo cuman bayar segitu buat tinggal setaun... nah duit segitu pastinya diitung-itung lebih murah dibanding kalo kalian nge-kost yang kira-kira perbulan 200rb, kalo dikaliin 12 (setaun) berapa noh... coba itung lagi... Naaah, iya segitu ! malahan mahalan halaman manalah *Isshhhh* murahan ngontrak dengan biaya segitu tadi per-tahun dibandingin ngekost dengan jumlah akumulasi segitu juta pertahun kan ?
Bingung ?? yaudah deh lanjut ke tips ketiga aja... gue juga bingung neranginnya -_____-“

3.    Sumber makan sudekat
Ini penting bin important banget. Jangan sampe elo ditemukan terbujur kaku di kamar kostan gara-gara belom makan selama 2 jam. Itu horror. Sebagai anak kost elo juga kudu berhemat, atau elo bakal cuman bisa makan makanan sisa kucing pas di akhir bulan gara-gara duit kiriman abis. Carilah kostan yang dekat pusat kota, karena di situ pula terdapat pusat kuliner. Kalo emang sekolah/kampus/tempat kerja elo jauh dari pusat kota, elo cari kosan yang deket-deket situ aja, udah dijamin pasti juga banyak warung-warung pedagang berkaki dua yang dagang deket-deket situ. Tapi buat jaga-jaga biar nasib lo gak miris di akhir bulan, siapkanlah mie instan sekardus. Itu yang paling penting.

4.    Lokasi strategis
Ini juga gak kalah penting. Pastinya kalian sebagai anak muda butuh hiburan juga kan? Sekarang udah banyak hiburan yang diberikan secara free. Kayak pasar malem, dangdutan di acara hajatan, konser gratis, dan lain sebagainya.

Selain itu, buat ngirit ongkos carilah kostan yang deket sama tempat elo punya kegiatan. Misal elo mahasiswa, udah pasti cari kostan yang deket kampus aja. Kalo elo pegawai, cari yang deket tempat kerja elo. Kalo elo pramuria cari deket-deket sarkem aja, insyaAlloh ada. Kalo enggak sekalian daftar jadi member gold di losmen deket situ, lumayan kan bisa dapet potongan, duit bisa ditabung buat memperbesar kemaluan (baca : rasa malu).

5.    Kamar mandi
Buat kalian yang di rumah udah biasa abis mandi cuman pake anduk terus lari-larian keliling komplek, eh maksud gue lari-larian ke kamar, elo gak bisa nglakuin hal itu dikosan dengan kamar mandi di luar kamar. Bisa-bisa elo akan berakhir terkapar tanpa busana di dapur bareng pak kost. Untuk itu carilah kostan dengan kamar mandi dalam. Emang sih kadang lebih mahalan, tapi cuman selisih 50-100ribu doang sama kamar mandi luar.
Udah gitu, dengan kamar mandi dalam elo gak perlu rebutan sama anak lain kalo mau sama-sama buru-buru mandi. Tapi kebersihan kamar mandi tetep kudu elo jaga, berhubung itu kamar mandi di dalem kamar jadi biasakan paling enggak 2 minggu sekali elo bersihin dan kalo abis make diguyur air sampe gak bau lagi.

6.    Penunggu Ramah
Buat yang ini, bukan hanya penunggu kost dalam artian temen-temen senasib elo yang ngekost disitu yang harus ramah, tapi juga “penunggu” dalam arti sebenarnya. Ya, hantu.

Ini pengalaman gue, pas di rumah kostan ketiga gue. Pertama kita kesitu kita udah tergiur sama rumahnya yang gede dan lumayan murah dibandingin sama kosan gue sebelumnya. Tanpa banyak basa basipun hari itu juga gue langsung pindah kesitu bareng tiga temen gue. Satu bulan, dua bulan, tiga bulan, suasana masih normal, dan semakin banyak anak yang ngekost disitu. Tapi semakin lama itu pula kostan jadi rada aneh. Mulai dari lampu jemuran suka mati-nyala-mati-nyala, suka kedengeran ada orang jalan pas malem-malem, dan banyak lagi, gue udah lumayan lupa. Dan semakin lama, akhirnya ibu kostpun angkat bicara kalo emang kostan itu angker. D.A.M.N. Ini bikin bulu ketek gue berdiri. Padahal ibu kost yang itu udah enak banget, klop dah. Ehh ada aja masalah kayak gitu, jadi berhubung sang “penunggu” disuruh pindah gak mau aja, mau gak mau kita yang ngalah buat pindah.

Kayaknya udah cuman segitu aja dehh, sebenernya masih banyak kriteria yang kudu dipertimbangkan ketika nyari kostan, tapi bakalan panjang banget mesti postingan gue entar. Jadi, udahan yahh.. Kalo mungkin ada masukan berupa kritikan, saran, komentar, ataupun masukan berupa uang, gue siap nerima. Apalagi yang terakhir noh. 

So, Thanks for reading, and have a good day. Semoga kalian bisa dapet kostan yang emang udah takdir kalian untuk ditinggali yahh. #apadeh

Komentar

  1. Ehm, Gue termasuk anak kebal berarti ya gan ? *sodorin vitamin*. Bukan, bukan kebal penyakit. Tapi kebal kost.an type nomer 1 sampe sekarang. Wahahaha..

    Ebuset ini anak nulisnya terang benderang sekalii *lu kira lampu terang benderang [plakk]* XD -untung mantan bu kost lu cuman punya akun fb ya gan, jarang dibuka pula. Jadi tulisan lu yang satu ini 99,99% gak kelacak - kekekeke *agan ketawa evil*

    Okay, kenalin, ini temen gue. Agan Isna, dengan jabatan pindah kost sebanyak lima kali [belum entar kalo nambah].
    Gue saksi mata [tenang, ini bukan pembunuhan sodara-sodara -peace- *ini apaan sih? XD], saksi mata agan tukang pindah kost maksudnya.

    Dari menejelajah bukit lewati lembah *dengerin backsound : ninja hatori* mengikuti sepak terjang agan mencari kost yang benar...
    kalo ada yang rekomendasiin kost-an di pwj yang tanpa ibu kost, kostnya bagus, deket kampus, banyak hiburan -topeng monyet juga gapapa- , dan banyak makanan murah meriah terjangkau, segera hubungi teman saya ini. Tolong dia sodara-sodara. Dia sangat membutuhkan bantuan anda *puppy eyes*

    Ok. Comment gue cukup sampe disini.
    Ntar kalo kepanjangan jadi berasa agan kayag mamah dedeh gue minta curhatin XD

    BalasHapus
  2. hmmm kalo ane sih nyante cari kostan... secara ane cowok eehehe...
    yang penting mah deket sama tempat mencari makan :)
    masalah "Penunggu" ntu mah gampangg.. gangguan dari hantu mah biasa... hihi... hantu diganggu hantu ya ini -_-

    BalasHapus

Posting Komentar

Please leave a comment :))

Postingan populer dari blog ini

Penipuan Kiriman Paket dari Luar Negeri

Hisapan ombak MISTIK Parangtritis Dibuktikan secara ILMIAH

Inspiring Story - The House With The Golden Windows