Penipuan Kiriman Paket dari Luar Negeri

Kayaknya postingn ini bakal lumayan panjang dan membosankan, tapi gue disini cuman mau berbagi pengalaman aja. 
Cerita bermula pas ketemu temen baru di salah satu sosial media, namanya Mark Smith, ngaku sih orang Perancis, tapi tinggal dan kerja di UK. Saat itu juga tukeran alamat email dan mulai kirim2an email. tapi orangnya rada aneh kalo gue bilang, baru juga ketemu udah sok romantis aja kalimat2nya. Karena merasa gak nyaman, gue gak terlalu merespon email dia.
Selang 1-2 bulan dari terakhir contact, dia kirim email lagi. kali ini beda. Dia tuh mau minta tolong gue, bilang mau nitip duit, selama dia mau pergi ke tengah laut, jadi dia ngaku kerja di perminyakan gitu, gue kurang paham. nahh... gue karena emang udah ngrasa "rada" kenal sama ini orang, ya gue pikir gak ada salahnya bantuin lah. Toh cuman dititipin doang. Dia bilang kalo udah balik ke daratan (macam kodok aja) dia bakal dateng ke Indonesia ngambil itu duit plus nikah sama gue (dih, siapa juga elu). 
Ini foto yang dia pasang di sosial media. entahlah asli atau palsu.

Singkat cerita, dia ngirimin paketan berisi uang yang konon dia bilang sebanyak 250.000.00 jutaan dolar. Itung aja sendiri kira2 berapa kalo di rupiahin. Gue sih emang percaya gak percaya, tapi mau niat nolongin doang sih. Gue pun dapet email dari yang katanya diplomat gitu, jadi kayak kurir. Gue dapet tracking number juga buat nge-track udah sampe mana 
tracking lewat website kurir. btw websitenya aja gue liat gak meyakinkan.
 dan untuk meyakinkan gue lagi, mereka juga ngirim air waybill, tanda paketan sudah dikirm.


AIR WAYBILL

dan gue cuman bisa bilang, wow beneran ini? curiga sih, tapi juga cukup meyakinkan.
Selama "barang" dikirim, si Mark ngeluarin jurus2 mautnya. call me with any endearment, dan selalu ngingetin gue suruh ngetrack paketan.
Kira2 2 hari sebelum paket sampe Indo (menurut tracking website kurir), dia sempet bilang gini, "Honey, when the consignment arrived in your country Indonesia they will ask you to pay for some local charges to clear the consignment at the gate." nahh, disini gue tambah curiga. mana ada dapet paketan, yang dikirim suruh bayar juga. It doesn't make sense at all !! gue sih nge-iya in aja, gue gak mau bilang langsung.
Disisi lain, gue  mulai searching2 tentang kasus penipuan pengiriman barang dari luar negri. dan mempelajari ciri2 penipuan dunia maya.
Jadi gini, kita bisa mengecek barang yang dikirim pake air waybill yang kita punya, untuk mengecek "bener apa gak kalo ada paketan yang sedang dikirim".
Jadi, caranya kita ke website bea cukai bandara Internasional di Indo, katakanlah Sukarno Hatta. disini websitenya. Cara ngeceknya, masukkan nomor air waybill dan isi keycode sebagai verifikasi aja. nanti bakal keliatan sampe mana barang yang kita track. 
Ketika gue masukkan nomor dan nama, ternyata barang yang dicari gak ada. dalam kata lain, paketan tersebut cuman fiktif aja. Gue mulai yakin ini orang nipu pasti.
Nahh senin pagi jadwal paket dateng. pagi2 gue dapet telpon dari nomer lokal, bilang kalo gue dapet paketan. tapi sebelum paket dikirim langsung ke alamat rumah, gue disuruh bayar pajak dulu. berapa?? Rp 7.200.000,00 bangsat! niat banget malak nih orang. gue sih iya in aja. dan gue browsing2 lagi tentang kasus penipuan kayak gini, dan faktanya emang "Penerima tidak seharusnya membayar apapun saat menerima barang, karena segalanya sudah dibayar oleh sang pengirim saat mengirimkan barang". Hari itu juga gue kayak dapet teror. Ditelpon dan di sms sana sini suruh bayar ke rekening yang udah dikasih segera.
SMS dari kurir Indonesia tentang kiriman paket


SMS dari kurir UK 

Itu SMS mereka. yang kedua itu SMS dari kurir UK yang katanya udah bawa paketan sampe Indonesia dan udah keburu mau langsung balilk UK, dan nyuruh cepet2 nransfer duit buat balik (aneh).
Si Mark juga, pake acara nelpon segala. dalam hati gue, dihh ngarep bener gue bakal ngasih duit cuma2. sehari semalam gue terus2an di ojok2in suruh transfer duit. Ogah gue! gue udah yakin itu semua penipuan. pagi harinya Mark masih aje nyuruh gue cepet nransfer duit biar paketan cepet sampe rumah gue. Paketan palalu! makan tuh paketan. Gue gak bales whatsapp dari dia sejak kemaren. Gue merasa dongkol iya, risih iya, kayak diteror juga iya. Syukurlah dia berhenti sampe disini kapok kayaknya udah tau gue gak bakal bayar. Hahaha... You think you can fool me, asshole? There's no way !

Komentar

  1. saya, mendapatkan chat dari seseorang yg sy tidak kenali melalui facebook dn dia mengaku WNI yang menikah dengan orang asing dn tinggal di london serta suaminya itu sudah meninggal..dn dia meminta pd saya agar sy membantunya dalam proses pengiriman uang milik dia di london untuk di bawa ke indonesia yg berupa paket dn memakai jasa diplomasi, setelah itu dia meminta sy mengirim data pribadi saya,dia mengatakan bahwa ini adalah rahasia.setelah selang beberapa hari orang tersebut terus2san men chat saya dn memohon agar sy dapat membantunya...bahkan dari situ saya mengirim data pribadi saya..dan selang sehari diachat sy lagi dn mengatakan bahwa paket yg dia kirim sudah terkirim..namun tertahan di bea cukai...namun yg jd sy bingung kenapa dia mengatakan bahwa sy harus mentransfer uang tunai ke no rek pribadi..yaitu agen diplomati nya..alasannya agar tidak ter scan oleh bea cukai si paket tersebut..saya membalas chat itu...sy bilang sy ingin bertemu dengan agen ibu..dia menolak...dengan mengancam jika tidak di transfer dengan cepat..paket akan kembali lg.yang saya tanyakan apakah ini penipuan??karena sesuatu yg tidak logis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari ini apa yang teman-teman alami saya juga alami, seorang warga negara london Chat tiba-tiba di wahtsapp pake nomor kode Indonesia dan pada saat saya menanyakan dimana mendapatkan nomor saya jawabannya cukup tidak rasional, singkat cerita kami sering balas Chat dan dia selalu memanggil saya dengan sebutan honey, saya sih mengikuti permainan beliau, dia membgaku atas nama maxwill bekerja sebagai manager perusahaan kontraksi di london, dia ingin membelikan rumah sebelum dia datang ke Indonesia untuk menikahi saja, idih apa aku percaya, lama kelamaan dia ingin transfer uang dengan jumlah 153 M, banyak bangat kan orang kaya raya aja nggak akan kasi cuma-cuma uang pada orang yang baru di kenal, kecurigaan saya banyak terhadap dia, di tambah orang Tan mengaku kurir seorang wanita nomornya nggak aktif-aktif setelah mengirim nimor rekening dan saya di suruh menebus sebanyak 10 jtšŸ˜ saya disini tidak memblokir nomor pria asing itušŸ¤­

      Hapus
  2. Aku juga hmpir kena. Nm pengirim facelitas lopez.modus kiriman paket diplomatik. Disuruh sediaiin uang 11,2jt. Kerekening pribadi,Untuk tebus di bandara di batam.nyaris saja ketipu.sudah sana sini cari uang.dlm keadaan panik.iseng buka mbh gogle. Ternyata bnyk kasus spt itu. Dan ternyata itu penipuan.

    BalasHapus
  3. Iya nich gue juga sama setahun lebih yang lalu namanya michael lee roland dia ini orang bule inggris mau kasih aku hadiah yang banyak kyk iphone,perhiasan,tas branded, parfum,dan uang yg bnyk didalam amplop cokelat sekitar 50000 poundsterling inggris kalo dirupiahin seberapa bnyk itu ya pasti nya bnyk bgt tapi gue gk begitu yakin gue tanya sama sdr kalau itu penipuan yaudah dari situ karena gue gk sanggup byr pjknya yg tinggi 14 juta rupiah dia langsung menghilang menonaktifkan wanya dan fbnya.pokoknya hati2 dan waspada aja kalo ada modus penipuan berupa kiriman paket dari luar negeri jgn cpt percaya gitu kita cari informasinya dulu di internet,google,email,dll agar tidak tertipu ih amit2 ya buang jauh2 buat semua orang pegguna sosmed hrs teliti sekali.

    BalasHapus
  4. Iya nich gue juga sama setahun lebih yang lalu namanya michael lee roland dia ini orang bule inggris mau kasih aku hadiah yang banyak kyk iphone,perhiasan,tas branded, parfum,dan uang yg bnyk didalam amplop cokelat sekitar 50000 poundsterling inggris kalo dirupiahin seberapa bnyk itu ya pasti nya bnyk bgt tapi gue gk begitu yakin gue tanya sama sdr kalau itu penipuan yaudah dari situ karena gue gk sanggup byr pjknya yg tinggi 14 juta rupiah dia langsung menghilang menonaktifkan wanya dan fbnya.pokoknya hati2 dan waspada aja kalo ada modus penipuan berupa kiriman paket dari luar negeri jgn cpt percaya gitu kita cari informasinya dulu di internet,google,email,dll agar tidak tertipu ih amit2 ya buang jauh2 buat semua orang pegguna sosmed hrs teliti sekali.

    BalasHapus

Posting Komentar

Please leave a comment :))

Postingan populer dari blog ini

Hisapan ombak MISTIK Parangtritis Dibuktikan secara ILMIAH

Pabrik terunik di Dunia